Perang antara DC dan Marvel akan terus berkobar, dan 20 karakter yang saling mereka sobek ini adalah alasan mengapa tidak pernah ada kedamaian, Karena banyak alasan dalam komik superhero, tidak aneh melihat karakter “cermin”. Untuk satu hal, beberapa pahlawan super paling populer didasarkan pada arketipe populer yang diperlukan untuk mengisi alam semesta masif: pemanah, raja bawah laut, pencuri kucing, orang-orang berbaju besi, atau penyihir. Ini sangat luas sehingga bisa dilakukan puluhan kali dan masih hanya memiliki elemen dasar yang sama dengan versi lain.

Tapi kemudian ada karakter yang lebih spesifik yang masih bisa “diulang” di dunia lain, dan itu masih bisa turun ke beberapa faktor yang berbeda. Dalam beberapa kasus, materi iklan yang bekerja untuk DC atau Marvel berdasarkan “pekerjaan untuk disewa” akan beralih ke “sisi lain” dan membuat versi baru dari karakter yang mereka buat sehingga mereka dapat terus bercerita dengan karakter yang mereka sukai. Di lain waktu, pembuat akan mencatat karakter atau tim yang populer dan membuat versi ersatz sehingga mereka dapat berinteraksi dengan karakter atau tim yang populer dari sisi lain. Baik DC dan Marvel bersalah atas hal ini, Artworker Magazine  telah menyusun 20 Karakter yang dianggap saling ‘dicuri’ antara Marvel dan DC.

20. MARVEL: DEADPOOL vs DC: DEATHSTROKE

Pencipta Deadpool mungkin ingin Anda berpikir Merc with a Mouth tidak dimulai sebagai penipuan dari pembunuh bayaran mega-populer Deathstroke yang diperkenalkan pada tahun 1980, tetapi mari kita jujur. Dia adalah seorang tentara bayaran yang penampilan pertamanya mencoba membunuh tim super remaja, dia mendapat faktor penyembuhan, dan menggunakan banyak senjata tetapi tanda tangannya adalah pedang.

Satu-satunya hal yang memisahkan mereka sejak awal adalah ikatan keluarga Slade. Namun sejak itu, Deadpool telah mengembangkan satu ton: benar-benar gila, Wade Wilson menjadi sadar bahwa ia adalah karakter buku komik. Ini berakibat padanya dia terus-menerus menghancurkan dinding keempat, dan keseluruhan sikapnya yang berani telah menjadikannya sebagai bahan pokok dunia superhero seperti Deathstroke. Plus, Deadpool punya film. Deathstroke tidak memiliki penghargaan atas namanya … belum.

19. DC: BUMBLEBEE vs MARVEL: THE WASP

Banyak contoh dalam daftar ini melibatkan dua karakter yang kira-kira sama-sama populer. Ini bukan salah satu dari kasus-kasus itu. Seperti banyak inklusi, Bumblebee adalah rip-off yang cukup terang-terangan, dengan nama yang sama, power set, dan kostum untuk Tawon Marvel. Tetapi Janet Van Dyne adalah anggota pendiri Avengers, telah memimpin tim lebih lama dari hampir semua orang, dan bertanggung jawab untuk bekerja menuju membawa kesetaraan gender kepada Avengers selama masa jabatannya sebagai ketua wanita.

Karen Beecher? Yah, dia bergabung dengan Teen Titans jauh sebelum Wolfman / Perez menjalankan yang mengubah tim menjadi waralaba terkenal yang menelurkan dua kartun sukses besar-besaran dan seri live-action mendatang. Dia turun dari peta selama beberapa dekade dan sejak itu telah terdegradasi ke penampilan tamu sesekali, bahkan bermain di sela-sela saat ini sedang berlangsung yang memiliki seluruh busur tentang dirinya.

18. MARVEL: NOVA CORPS vs DC: GREEN LANTERN CORPS

Nova Corps terasa seperti versi yang sangat mengerikan dari sifat ini. Dibuat oleh Marv Wolfman, tim ini awalnya hanya informasi latar belakang untuk membantu memperkenalkan karakter terbaru Marvel, Richard Rider, pahlawan remaja baru yang sebenarnya dimaksudkan untuk mengejar Spider-Man. Kelompok ini berfungsi sebagai pasukan penjaga perdamaian antarbintang yang bekerja di planet Xandar, dipandu oleh komputer yang hidup yang dikenal sebagai Worldmind. Diilhami oleh kekuatan Angkatan Nova, masing-masing Nova diberikan bagian dari kekuatan tanpa batas untuk membantu melindungi alam semesta. Kedengarannya sudah akrab?

Itu berjalan lebih dalam dari itu. Pada akhir tahun 00-an, Korps Nova dihancurkan setelah terkena Gelombang Pemusnahan. Sambil dihancurkan, satu-satunya Earthling menjaga warisan Nova Corps tetap hidup sampai akhirnya dia dalam posisi untuk membawa Nova Corps kembali ke kejayaannya.

17. DC: AQUAMAN vs MARVEL: NAMOR

Pertama kali muncul pada bulan April 1939, Namor adalah salah satu karakter Marvel paling awal, yang berasal dari era “Timely Comics” perusahaan. Dua tahun kemudian, DC memutuskan bahwa mereka membutuhkan Raja Tujuh Lautan mereka sendiri dan menciptakan Arthur Curry, juga dikenal sebagai Aquaman.

Bagian paling lucu tentang Namor dan Aquaman adalah bahwa Aquaman dengan kuat didudukkan sebagai karakter yang lebih populer, sementara Namor disemen sebagai pahlawan yang lebih dingin. Kapan terakhir kali ada yang menceritakan lelucon tentang Namor? Dia adalah pria yang saling berhadapan dengan Hulk, dan memiliki hubungan yang meragukan dengan Sue Storm … dan Emma Frost. Namun terlepas dari itu, tidak ada seorang pun selain geek komik terbesar yang tahu siapa dia (setidaknya sampai Marvel memberinya film). Sementara itu, semua orang tahu tentang Aquaman … itu sebagian besar untuk lelucon bodoh tentang dia berbicara dengan ikan, jadi itu sedikit pertukaran.

16. MARVEL: BLACK CAT vs DC: CATWOMAN

Felicia Hardy dan Selina Kyle tidak bisa lebih mirip, namun mereka tidak bisa lebih berbeda. Mereka berdua gerah mengambil ide pencuri kucing klasik, mereka berdua memiliki selera untuk mencuri hal-hal yang lebih baik dalam hidup, dan mereka berdua sama-sama memiliki kebiasaan buruk jatuh cinta dengan pria heroik dengan kode moral yang kaku di “kanan” sisi hukum.

Namun, sementara Felicia Hardy tumbuh sebagai anggota lapisan masyarakat yang lebih tinggi, Selina Kyle harus bekerja keras untuk mencapai puncak bata demi bata. Dan sementara Catwoman hanya menggunakan kecerdikan murni untuk menyelesaikan sebagian besar kasusnya, Kucing Hitam memiliki kekuatan “nasib buruk” khusus untuk membantunya keluar dari kemacetan. Oh, dan pada satu titik keduanya adalah bos mafia dan “Ratu” dari kota masing-masing, tetapi orang cenderung mengabaikan hal itu.

15. DC: GUARDIAN vs MARVEL: CAPTAIN AMERICA

Jack Kirby tidak diragukan lagi, Sang Raja. Tetapi Sang Raja tidak takut mengambil ide yang disukainya dan melakukan pelintiran di perusahaan lain. Itulah yang terjadi dalam kasus The Guardian di mana pencipta Marvel America Captain, Joe Simon dan Jack Kirby, akan mengambil ide yang sama dan membuat versi untuk DC Comics. Itu tidak terlalu lama, baik; Captain America memulai debutnya pada bulan Maret 1941, sementara The Guardian muncul pada bulan April 1942.

The Guardian secara bersamaan adalah versi yang lebih membosankan, namun sedikit lebih logis, dari pahlawan paling patriotik Amerika. Lagipula, seorang superhero yang mengenakan bendera dan dinamai sesuai dengan negara tempat dia tinggal sedikit berada di depan hidung. Mereka masih berbagi perisai sebagai senjata utama.

14. MARVEL: THANOS vs DC: DARKSEID

Jim Starlin dan Mike Friedrich memperkenalkan salah satu penjahat kosmik Marvel paling ikonik di Iron Man # 55, dua tahun setelah raja penguasa planet DC Darkseid tiba di tempat kejadian. Fakta bahwa mereka terlihat sangat mirip bukanlah suatu kebetulan. Starlin selalu merencanakan agar penjahatnya menyerupai salah satu Dewa Baru terkenal Jack Kirby …. tetapi pada awalnya, dia bertujuan untuk membuatnya menyerupai Metron.

Baru pada saat itu Pemimpin Redaksi Marvel, Roy Thomas, melihat desain yang mulai berubah. Thomas langsung menjelaskan kepada Starlin bahwa jika dia akan merampas Dewa-Dewa Baru, maka mungkin juga “yang benar-benar baik”. Sejak saat itu kedua karakter telah berhasil membedakan diri mereka sendiri melalui kisah-kisah yang diceritakan tentang mereka, tetapi inspirasi visualnya masih sama jelasnya seperti hari pertama.

13. DC: SWAMP THING vs. MARVEL: MAN-THING

Ini adalah salah satu dari kasus-kasus di mana karakternya mirip, tetapi kecuali jika pencipta yang terlibat secara khusus berdiskusi tentang apa yang mereka lakukan, tidak ada satu cara untuk menjadi penipu dari yang lain. Tetap saja, tidak ada banyak karakter “monster tanaman hidup”, jadi sulit untuk mengklaim sesuatu yang aneh tidak terjadi.

Dua karakter diperkenalkan ke alam semesta mereka hanya berjarak dua bulan terpisah, Man-Thing pada bulan Mei 1971’s Savage Tales # 1 oleh Stan Lee, Roy Thomas, Gerry Conway, dan Gray Morrow, sementara Swamp Thing muncul pada bulan Juli House of Secrets # 92 , dibuat oleh Len Wein. Kedua karakter tersebut melibatkan para ilmuwan yang mengalami kecelakaan mengerikan di rawa-rawa yang mengubah mereka menjadi makhluk seperti sekarang ini, dan kedua karakter tersebut jelas-jelas lebih mistis seiring waktu. Terlepas dari semua ini, Swamp Thing menjadikan dirinya sebagai karakter paling populer berkat beberapa film dan ikon Alan Moore.

12. MARVEL: SENTRY vs MARVEL: SUPERMAN

Menjadi adil untuk Sentry, rip-off ini datang dengan cukup memelintir. Sentry lebih seperti Superman jika ia memiliki kepribadian kedua yang secara mengejutkan mengingatkan pada Kiamat. Dibuat oleh Paul Jenkins dan Jae Lee, Sentry adalah seorang pria dengan “kekuatan satu juta matahari yang meledak”, apa pun artinya. Identitas sejatinya adalah Bob Reynolds, seorang pahlawan yang disebut-sebut telah menjadi bagian dari Marvel Universe sejak ia dilahirkan, tetapi dipaksa untuk membuat semua orang melupakannya.

Mengapa? Dan ternyata, di dalam Sentry terdapat entitas jahat dengan kekuatan yang sama yang dikenal sebagai Void. Agar dunia aman, ingatan Robert tentang kekuatannya dikunci dan seluruh dunia terpaksa melupakan siapa dirinya.

11. DC: ROCKET RED vs MARVEL: IRON MAN

Rocket Red memainkan bagian utama dari tim super premier Justice League di akhir 80-an, ketika karakter menjadi salah satu dari beberapa anggota ditambahkan ke inkarnasi Internasional Liga. Juga dikenal sebagai Dmitri Pushkin, karakter itu adalah salah satu bagian dari Brigade Merah Roket, sebuah liga yang sangat terlatih, armor yang mengenakan patriot yang setia pada tujuan komunis.

Mereka dimaksudkan untuk menjadi cara Rusia memerangi kehadiran para pahlawan super yang tumbuh di Amerika, dan mereka dengan senang hati mengambil kesempatan untuk mengirim salah satu dari mereka untuk bergabung dengan liga dan menampilkan “teknik Rusia yang unggul”. Ironisnya tentang DC yang menciptakan Iron Man versi Rusia adalah bahwa beberapa versi dari gagasan itu sudah dilakukan di Marvel. Baik Titanium Man dan Crimson Dynamo adalah lawan besar bagi Iron Man di awal karirnya.

 

BACA JUGA: Adu Kuat Marvel vs DC Comics, Seteru Abadi!

 

10. MARVEL: HAWKEYE vs DC: GREEN ARROW

Ini adalah salah satu kasus di mana Hawkeye secara teknis rip-off, karena Green Arrow mendahului Hawkeye hampir setengah abad, tetapi dalam pukulan yang begitu luas mereka hampir tidak mirip. Clint Barton adalah seorang anak yang dilecehkan dari serangkaian rumah yang rusak yang mengembangkan keterampilan dengan memanah dalam sirkus keliling, dan sebentar menjadi penjahat karena mentornya, Pendekar Pedang. Oliver Queen adalah anak kaya manja yang terjebak di sebuah pulau dan mengasah satu keterampilan yang ia miliki di sana sampai ia cukup berbakat untuk menggunakan memanah sebagai metode memerangi kejahatan.

Mereka berdua berbagi beberapa bakat dengan busur, dan cenderung menggunakan panah trik … tapi itu semua kesamaan yang mereka miliki. Green Arrow mengambil gimmick-nya lebih jauh, awalnya menjadi Batman dengan Robin Hood yang bengkok, hingga memiliki Arrowmobile dan Arrowcave.

9. DC: BLACK RACER vs. MARVEL: SILVER SURFER

Jack Kirby tidak pernah takut untuk membuat karakter baru – DC dan Marvel sama-sama dikotori dengan ide dan kreasi aslinya. Tetapi dia juga tidak pernah takut untuk menggunakan kembali ide-ide atau estetika tertentu yang sudah pernah bekerja sebelumnya. Begitu pula dengan Black Racer, karakter yang diperkenalkan lima tahun setelah Silver Surfer di Dewa Baru # 3 pada tahun 1971. Sama seperti Norrin Radd, Silver Surfer dimulai sebagai manusia yang relatif normal – meskipun ia seorang Earthling, seorang pria bernama Willie Walker .

Seorang veteran Perang Vietnam, ia dipilih oleh Sumber itu sendiri untuk menjadi tanda kematian bagi Dewa Baru, dan menggunakan sepasang alat ski yang membantunya melayang menembus bintang-bintang. Khususnya metode untuk membimbing Dewa Baru ke tanah di luar, Pembalap Hitam adalah fakta kehidupan yang tak terhindarkan bagi para dewa, mengunjungi mereka hanya pada akhir hidup mereka.

8. MARVEL: BULLSEYE vs DC: DEADSHOT

Yang ini lebih meluas daripada sebagian besar entri lainnya. Bullseye dan Deadshot keduanya adalah pembunuh, dan mereka berdua sangat berbakat dengan apa yang mereka lakukan. Diperkenalkan pada tahun 1950 Batman # 59, Deadshot sering disebut sebagai seseorang yang tidak pernah melewatkan sasarannya. Dia semua bisnis, dan bahkan kadang-kadang akan berfungsi sebagai “orang baik” untuk melindungi anaknya atau untuk menyelamatkan kulitnya sendiri.

Sementara itu, Bullseye diperkenalkan jauh kemudian sebagai salah satu penjahat utama Daredevil, yang diciptakan oleh Marv Wolfman dan John Romita, Sr., hadiah Bullseye mampu mengubah benda apa pun menjadi proyektil yang mampu membunuh seseorang. Terkenal karena membunuh Elektra dan memberikan Dnevevil archnemesisnya sebanyak mungkin, dia jauh lebih psikopat daripada rekan DC-nya.

7. DC: RED LION vs MARVEL: BLACK PANTHER

Rip-off terbaru untuk bergabung dengan daftar, Red Lion jelas terinspirasi oleh Black Panther. Diciptakan oleh penulis Black Panther yang terkenal, Christopher Priest, Matthew Bland adalah seorang diktator Afrika dan “Presiden untuk Kehidupan” yang mengelola negara Afrika Buredunia. Pertama kali muncul di Deathstroke, setelah meyakinkan Slade untuk meningkatkan ke setelan Ikon yang lebih kuat, Bland mengambil baju besi Promethium tua dan membentuknya kembali untuk membuat kostumnya sendiri. Tidak seperti Black Panther, kekuatan Bland sepenuhnya berasal dari pelatihannya sendiri dan setelan Deathstroke yang dicangkalnya.

Karakternya terasa seperti sikap yang lebih sinis terhadap raja Wakanda, tetapi secara bersamaan lebih realistis. Betapa pun hebatnya T’Challa, para penguasa berdaulat dari garis panjang keluarga kerajaan tidak terlalu peduli dengan penduduk mereka seperti Black Panther.

6. MARVEL: X-MEN vs DC: DOOM PATROL

Ini rumit. Doom Patrol adalah ciptaan Arnold Drake, Bob Haney, dan Bruno Premiani, dan pertama kali muncul di My Greatest Adventure # 80 pada Juni 1963. X-Men, tentu saja, diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby, dan pertama kali muncul di X -Men # 1 di … September 1963. Perbedaan tiga bulan antara kedua tim hampir mustahil untuk memanfaatkan, namun … beberapa hal tidak bertambah. Pertama, rasanya sangat tidak mungkin kedua tim pada awalnya akan memasarkan diri mereka sebagai “pahlawan paling aneh di dunia”. Juga, kedua tim menampilkan sekelompok pahlawan aneh yang dipimpin oleh seorang pria yang lebih tua yang sangat cerdas.

Amat mencurigakan, tetapi tanggal penerbitan yang dekat menimbulkan keraguan pada semuanya. Tetapi meskipun keduanya mulai relatif tidak dikenal, X-Men tumbuh menjadi salah satu tim paling populer di komik … jadi mungkin tidak masalah yang mana yang lebih dulu?

5. MARVEL: GALACTUS vs DC: IMPERIEX

Sebenarnya agak mengejutkan bahwa pria ungu paling populer di Marvel tidak ditipu. Diperkenalkan dalam perjalanan kembali ke Fantastic Four # 48 pada tahun 1966, rip-off yang paling penting dari Eater of Worlds DC tidak akan membuat penampilan pertamanya sampai pergantian abad, pada 2000 Superman vol. 2 # 153.

Perwujudan entropi yang hidup, Imperiex adalah energi hidup yang telah memilih untuk membungkus dirinya di dalam baju besi humanoid besar. Dia Galactus pada skala yang lebih absurd; di mana Galactus hanyalah sisa sisa dari alam semesta sebelumnya dan hanya makan planet tunggal, Imperiex menghancurkan seluruh alam semesta untuk membentuk yang baru yang ia buat sendiri. Dalam mini-seri acara 2001, Our Worlds at War, kekuatan gabungan kebaikan dan kejahatan nyaris berhasil menghentikan Imperiex dari menghancurkan Bumi, dan dengan demikian memulai kembali seluruh alam semesta.

4. MARVEL: SQUADRON SUPREME vs DC: JUSTICE LEAGUE

Squadron Supreme adalah salah satu penipuan langsung yang akan kita miliki dalam daftar ini. Sementara karakter lain menemukan jalan mereka di sini sebagai contoh arketipe populer – pemanah, raja bawah laut, dan pencuri kucing – Skuadron secara harfiah ada untuk menjadi pastiche dari Pahlawan Terhebat Dunia DC.

Dibuat oleh Roy Thomas pada Avengers vol. 1971 1 # 85 “, tim ada di Bumi alternatif dari Avengers selama bertahun-tahun, sebelum pertempuran dengan penjahat yang kuat meninggalkan anggota tim yang paling terkenal terperangkap di Marvel’s Earth Prime. Sebuah tim Bumi alternatif, Skuadron telah memiliki banyak inkarnasi dari diri mereka sendiri, termasuk Skuadron jahat Sinister, dan versi yang sangat realistis dari tim yang dihidupkan oleh J. Michael Straczynski dalam komik Marvel MAX, Supreme Power.

3. DC: ZATANNA vs. DC: SCARLET WITCH

Ada yang cukup berbeda tentang Zatanna dari rekan setim Avengers, Scarlet Witch sehingga hampir tak ada gunanya menyebut dirinya sebagai rip-off. Mereka diperkenalkan pada tahun yang sama, dengan Wanda Maximoff tiba di tempat pada bulan Maret 1964 dalam edisi X-Men, sementara Zatanna muncul pada bulan November di Hawkman # 4.

Mereka berdua adalah sihir de-facto yang mengendalikan anggota tim super masing-masing, meskipun Wanda juga mendapat kemampuan untuk mengendalikan probabilitas melalui heks berkat kekuatan mutannya, sementara Zatanna mempelajari semua pelatihan keterampilannya di bawah ayahnya Zatara. Mereka juga agak bertanggung jawab atas perubahan besar di alam semesta masing-masing, dengan Wanda hampir memusnahkan ras mutan setelah peristiwa House of M, sementara shenanigans yang menyeka pikiran Zamanna di Zamanna pada akhirnya menyebabkan beberapa peristiwa “Identity “dan” Krisis Tak Terbatas “.

2. MARVEL: THUNDERBOLTS vs. DC: SUICIDE SQUAD

Salah satu tikungan paling unik dalam 20-tahun terakhir komik superhero datang masih berasal dari edisi Thunderbolt pertama Kurt Busiek. The Thunderbolts muncul sebagai superteam terbaru Marvel Universe, sangat dibutuhkan setelah penjahat Onslaught memusnahkan Avengers dan Fantastic Four. Tapi Busiek dan Bagley memiliki kejutan besar bagi pembaca di akhir, ketika mereka mengungkapkan tim itu sebenarnya adalah versi baru dari Masters of Evil, berniat menggunakan status mereka sebagai pahlawan untuk membawa komunitas superhero turun dari dalam.

Tetapi menggunakan supervillains sebagai pahlawan telah dilakukan sebelumnya. Nyaris 40 tahun sebelumnya, dengan ide konsep yang sama tingginya di Suicide Squad. Pasukan adalah sekelompok penjahat dihukum yang dikirim pada misi berbahaya dengan harapan suatu hari mereka bisa mendapatkan kebebasan mereka kembali.

1. DC: COMMANDER STEEL vs DC: CAPTAIN AMERICA

Jauh setelah era Perang Dunia II, penulis Gerry Conway dan seniman Don Heck memperkenalkan Hank Heywood dalam Steel 1978, the Indestructible Man. Segera untuk menjadi pahlawan bintang-kelip berikutnya, Heywood mulai anggota Korps Marinir sampai dia terluka melalui penyabot dan meninggalkan tidak dapat tetap berperang. Untungnya, sebagai mantan mahasiswa biologi jenius Dokter Gilbert Giles, tubuh Heywood diperbesar. Dalam operasi besar, tubuhnya ditingkatkan dengan perangkat baja. Ini memberinya sejumlah kekuatan super yang memberinya pilihan untuk kembali ke garis depan sebagai Komandan Baja superhero.

Namun, warisan nyata Komandan Steel terus berlanjut pada anak-anaknya. Komandan Steel yang kedua adalah industrialis kaya yang bergabung dengan Justice League, sementara yang ketiga menjadi anggota penting dari Justice Society. Bahkan ada versi dirinya dalam seri CW Legends of Tomorrow yang populer.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *